ORGANISASI KOMPUTER
Organisasi Komputer adalah bagian yang terkait
erat dengan unit–unit operasional
dan
interkoneksi antar komponen penyusun sistem komputer
dalam merealisasikan aspek
arsitekturalnya. Contoh aspek
organisasional adalah
teknologi hardware, perangkat antarmuka,
teknologi memori, sistem memori, dan sinyal–sinyal kontrol.
Arsitektur Komputer lebih cenderung pada
kajian atribut–atribut
sistem komputer yang
terkait dengan seorang programmer. Contohnya, set instruksi,
aritmetika yang digunakan, teknik
pengalamatan, mekanisme I/O.
Sebagai contoh apakah suatu
komputer perlu memiliki instruksi
pengalamatan pada
memori merupakan masalah rancangan arsitektural. Apakah instruksi
pengalamatan tersebut akan
diimplementasikan secara langsung
ataukah melalui mekanisme cache
adalah kajian
organisasional.
Perbedaan Utama
Organisasi Komputer
Bagian yang terkait erat dengan unit–unit operasional
Contoh: teknologi hardware, perangkat antarmuka, teknologi memori,
sistem
memori, dan sinyal–sinyal kontrol
Arsitektur Komputer
atribut–atribut sistem komputer yang terkait dengan seorang
programmer
Contoh: set instruksi, aritmetika yang digunakan, teknik
pengalamatan, mekanisme I/O
PENGERTIAN ARSITEKTUR KOMPUTER
Arsitektur
komputer adalah konsep perencanaan dan struktur pengoperasian dasar dari
suatu sistem computer. Arsitektur komputer ini merupakan rencana cetak-biru
dan deskripsi fungsional dari kebutuhan bagian perangkat keras yang didesain
(kecepatan proses dan sistem interkoneksinya). Dalam hal ini, implementasi
perencanaan dari masing–masing bagian akan lebih difokuskan terutama, mengenai
bagaimana CPU akan bekerja, dan mengenai cara
pengaksesan data dan alamat dari dan ke memori cache, RAM, ROM, cakram keras, dll).
Tingkatan
Dalam Arsitektur Komputer
Ada
sejumlah tingkatan dalam konstruksi dan organisasi sistem komputer. Perbedaan
paling sederhana diantara tingkatan tersebut adalah perbedaan antara hardware
dan software.
Tingkatan
Dasar Arsitektur Komputer
Pada
tingkatan ini Hardware sebagai tingkatan komputer yang paling bawah dan paling
dasar, dimana pada hardware ini “layer” software ditambahkan. Software tersebut
berada di atas hardware, menggunakannya dan mengontrolnya. Hardarwe ini
mendukung software dengan memberikan atau menyediakan operasi yang diperlukan
software.
Multilayerd
Machine
Tingkatan
dasar arsitektur komputer kemudian dikembangkan dengan memandang sistem
komputer keseluruhan sebagai “multilayered machine” yang terdiri dari beberapa
layer software di atas beberapa layer hardware.
1. CPU (Central processing Unit),
yang mengendalikan semua unit sistem komputer yang lain dan mengubah input
menjadi output.
·
Primary
storage (penyimpanan primer), berisi data yang sedang diolah dan program
· Control
unit (unit pengendalian), membuat semua unit bekerja sama sebagai suatu sistem
· Aritmatika and logical Unit,
tempat berlangsungnya operasi perhitungan matematika dan logika
2. Unit Input, memasukkan data ke dalam primary
storage
- Secondary storage (penyimpanan sekunder), menyediakan tempat untuk menyimpan program dan data saat tidak digunakan
4. Unit Output, mencatat hasil pengolahan
Referensi :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar